Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Sebelum Melaut pada Nelayan Penangkap Ikan di Kelurahan Lappa Kecematan Sinjai Utara

  • Irfandi Rahman Program Studi Magister Kesehatan, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Fatmawaty Mallapiang Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Alauddin
  • Suharni A.Fachrin Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Hasriwiani Habo Abbas Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: K3 Nelayan, Penangkap ikan, Sebelum melaut

Abstract

Nelayan penangkap ikan adalah sebuah pekerjaan di atas permukaan perairan, dimana nelayan penangkap ikan berisiko tinggi untuk mengalami kecelakaan akibat kerja ataupun penyakit akibat kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan keselamatan kerja pada nelayan penangkap ikan di Kelurahan Lappa dan mengkaji penerapan kesehatan kerja pada nelayan penangkap ikan di Kelurahan Lappa. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan penelitian ini sebanyak 6 orang dengan kriteria nelayan penangkap ikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, telaah dokumen dan obsevasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keselamatan kerja sebelum melaut (memiliki pengalaman dan pengetahuan cuaca, berdoa, memeriksa kondisi perahu dan mesin, peralatan keselamatan). Sedangkan kesehatan kerja pada nelayan penangkap ikan sebelum melaut (memiliki kartu nelayan, mengetahui fungsi dan manfaat kartu nelayan, melakukan pemeriksaan kesehatan). Kesimpulan (1) Nelayan penangkap ikan penting mempersiapkan keselamatan sebelum melaut. (2) Nelayan penangkap ikan perlu menyiapkan alat kesehatan seperti kotak P3K, kartu nelayan, program penyuluhan kesehatan dan unit-unit kesehatan untuk nelayan penangkap ikan di Kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai.

References

1. Kalalo SY. Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Tentang K3 Dengan Kejadian Kecelakaan Kerja Pada Kelompok Nelayan Di Desa Belang Kecamatan Belang Kabupaten Minahasa Tenggara. PHARMACONJurnal Ilmiah Farmasi – UNSRAT. 2016;Vol. 5 No. 1(PHARMACONJurnal Ilmiah Farmasi – UNSRAT).
2. Handayani SN. Sistem Keselamatan Kerja Nelayan Pada Perikanan Soma Pajeko (Mini Purse Seine) Di Bitung [Program Studi Teknologi Perikanan Laut]. Bogor: IPB; 2014.
3. Tjahjanto R. Analisis Penyebab Terjadinya Kecelakaan Kerja Di Atas Kapal MV. CS Brave. Journal KAPAL. 2016;Vol. 13, No.1(KAPAL).
4. Purwanto Y. Aspek Keselamatan Ditinjau Dari Stabilitas Kapal Dan Regulasi Pada Kapal Pole And Line Di Bitung, Sulawesi Utara Hak Cipta Milik IPB (Institut Pertanian Bogor): Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor; 2014.
5. Putra RS. Pengelolaan Keselamatan Kerja Nelayan Di Ppi Batukaras Kabupaten Pangandaran Journal ALBACORE. 2017;Volume I, No 1(ALBACORE).
6. Purwangka F. Keselamatan Kerja Nelayan Pada Operasi Penangkapan Ikan Menggunakan Payang Di Palabuhanratu,Jawa Barat: Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor; 2013.
7. Somad I. Teknik Efektif Dalam Membudayakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Pertama, Mei 2013 ed. Oetomo BSD, editor. Jakarta: Dian Rakyat; 2013.
8. The State of World Fisheries and Aquaculture 2008 Pub. L. No. Rome, Italy (2009).
9. Kementerian Kelautan Dan Perikanan RepublikIndonesia. Laporan Kinerja Kementerian kelautan dan Perikanan: Jakarta; 2016.
10. Dinas Kelautan Dan Perikanan Provensi Sulawesi Selatan. Statistik Kelautan dan Perikanan Provensi Sulawesi Selatan (2011-2016). Sulawesi Selatan; 2017.
11. Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai. Statistik Kelautan Perikanan Kabupaten Sinjai (2013-2017). 2017.
12. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 24 ed. Bandung: Alfabeta; 2016.
13. Santara AG. Peralatan Keselamatan Kerja Pada Perahu Slerek Di PPN Pengambengan, Kabupaten Jembrana, Bali. Jurnal IPTEKS PSP. 2014;Vol. 1 (1)(Jurnal IPTEKS PSP):17.
14. Lumaksono H. Penerapan Penggunaan Alat Keselamatan Pada Saat Berlayar Untuk Kelompok Nelayan Madura. Journal SENIAS. 2017(Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat (SENIAS)).
15. Suma'mur. Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja (HIPERKES). I ed. Jakarta: Sagung Seto; 2014.
16. Triyono MB. Buku Ajar Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta; 2014.
Published
2019-01-25
How to Cite
1.
Rahman I, Mallapiang F, A.Fachrin S, Abbas HH. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Sebelum Melaut pada Nelayan Penangkap Ikan di Kelurahan Lappa Kecematan Sinjai Utara . woh [Internet]. 2019Jan.25 [cited 2024Apr.29];2(1):54-. Available from: https://jurnal.fkmumi.ac.id/index.php/woh/article/view/590
Section
Articles