Faktor Yang Mempengaruhi Kelelahan Kerja Pada Petugas Kebersihan Di Rumah Sakit Dr. Tadjuddin Chalid Kota Makassar

  • St Aisyah Magister Kesehatan Masyarakat, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Suharni A.Fachrin Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Haeruddin Haeruddin Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Irfandi Rahman Magister Kesehatan Masyarakat, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Kesehatan kerja;, Kelelahan kerja, Petugas kebersihan

Abstract

International Labour Organization (ILO) bahwa setiap tahun sebanyak dua juta pekerja meninggal dunia karena kecelakaan kerja yang disebabkan oleh faktor kelelahan. Kelelahan adalah berkurangnya kemampuan fisik dan mental sebagai akibat dari penggunaan berlebih pada fisik, mental atau emosional yang dapat mengurangi hampir seluruh kemampuan fisik termasuk kekuatan, kecepatan, kecepatan reaksi, koordinasi, dan pengambilan keputusan atau keseimbangan. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor yang mempengaruhi kelelahan kerja petugas kebersihan di Rumah Sakit Dr. Tadjuddin Chalid Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional analitik dengan rancangan cross sectional study yang dilengkapi pendekatan metode kuantitatif, responden penelitian ini sebanyak 57 orang, metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh, dengan analisis Uji statistik yang digunakan adalah univariat dan bivariat dengan Program Statistical Product and Service Solution (SPSS). Hasil penelitian pada petugas kebersihan di Rumah Sakit Dr. Tadjuddin Chalid Makassar yaitu: tidak ada pengaruh umur terhadap kelelahan kerja pada petugas kebersihan, tidak ada pengaruh jenis kelamin terhadap kelelahan kerja pada petugas kebersihan, tidak ada pengaruh status gizi terhadap kelelahan kerja pada petugas kebersihan, tidak ada pengaruh kadar Hb terhadap kelelahan kerja pada petugas kebersihan, tidak ada pengaruh lama kerja terhadap kelelahan kerja pada petugas kebersihan, ada pengaruh beban kerja terhadap kelelahan kerja pada petugas kebersihan. Kesimpulan bahwa beban kerja berpengaruh terhadap kelelahan kerja bagi petugas kebersihan di Rumah Sakit Dr. Tadjuddin Chalid Makassar, disarankan petugas kebersihan agar mengoptimalkan waktu istrahat yang diberikan sehingga dapat mengurangi kelelahan pada saat bekerja.

References

1. Muizzudin A. Hubungan Antara Kelelahan Kerja dengan Produktivitas Kerja pada Tenaga Kerja Bagian Tenun di PT. Alkatex Tegal. Unnes Journal of Public Health 2013 UJPH 2;4 2013.
2. Jannah N. Hubungan Antara Beban Kerja Dengan Kelelahan Kerja Pada Karyawan Bagian Cutting PT. DAN LIRIS Banaran Kabupaten Sukoharjo.Naskah Publikasi. Naskah Publikasi: Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2014.
3. Anriani D. Tinjauan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat (Fatigue) Pada Pengemudi Bull Truck PT. BCL Subkontraktor PT. Holcim Indonesia TBK Plan Narogon Tahun 2009: Universitas Indonesia; 2009.
4. Monica L. Gambaran Kelelahan Kerja Pada Penjahit Di Pasar Petisah Kecamatan Medan Baru Kota Medan Tahun 2010: Universitas Sumatra Utara; 2010.
5. Cahyono SB. Membangun Budaya Keselamatan Pasien Dalam Praktik Kedokteran Yogyakarta: Kanisus; 2008.
6. Silastuti A. Hubungan Antara Kelelahan dengan Produktivitas Tenaga Kerja di bagian Penjahitan PT Bengawan Solo Garment Indonesia: Universitas Negeri Semarang; 2006.
7. Machdika Tri Syavina MCY, Nurjanah. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kelelahan Kerja pada Petugas Cleaning Service Di Rsud Kota Semarang Tahun 2013: Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro Semarang; 2013.
8. Januar Atiqoh IW, Daru Lestantyo. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kelelahan Kerja pada Pekerja Konveksi Bagian Penjahitan di CV. Aneka Garment Gunungpati Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2014;Volume 2, Nomor 2, Pebruari 2014.
9. Mariani J. Analisis Faktor Risiko Kelelahan Kerja Pada Karyawan Bagian Produksi PT. Arwana Anugrah Keramik, Tbk. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, Maret, 9(1):53-63. 2018.
10. Tarwaka. Ergonomi Industri Dasar-dasar Pengetahuan Ergonomi dan Aplikasi di Tempat Kerja. Surakarta: Harapan Press; 2015.
Published
2019-07-25
How to Cite
1.
Aisyah S, A.Fachrin S, Haeruddin H, Rahman I. Faktor Yang Mempengaruhi Kelelahan Kerja Pada Petugas Kebersihan Di Rumah Sakit Dr. Tadjuddin Chalid Kota Makassar . woh [Internet]. 2019Jul.25 [cited 2024May4];2(3):256-65. Available from: https://jurnal.fkmumi.ac.id/index.php/woh/article/view/610
Section
Articles