Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kinerja Satuan Pengawas Internal Di Rumah Sakit ibu dan Anak Sitti Hadijah I Kota Makassar

  • Nurbaeti Universitas muslim indonesia
  • Ella Andayanie Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Alfina Baharuddin Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: aktor yang berpengaruh, kinerja, pengawasan internal

Abstract

Dalam mencapai tujuan dan sasaran organisasi , salah satu bagian yang penting untuk mengarahkan orang-orang, mesin-mesin dan fungsi-fungsi yang terdapat di dalamnya adalah pengendalian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  faktor yang berpengaruh terhadap kinerja satuan pengawasan internal di RSIA Sitti Khadijah 1 Makassar. Jenis penelitian Ini menggunakan  penelitian kuantitatif, dengan pendekatan cross sectional study, yang bertujuan untuk  menganalisis variabel-variabel sesuai dengan tujuan penelitian yakni Aspek Yang Berpeengaruh Terhadap Kinerja Satuan Pengawasan Internal Di RSIA Sitti Khadijah 1 Makassar. Populasi dalam penelitian Ini Adalah semua tenaga kerja non medis yang ada dalam struktur RSIA Sitti Khadijah 1 Makassar sebanyak 60 Orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini ialah dengan menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel 60 responden. Metode analisis data menggunakan bivariat dengan uji Chi-square. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa ada pengaruh lingkungan pengendalian dengan kinerja satuan pengawasan internal di Rumah Sakit Sitti Khadijah 1 Makassar, ada pengaruh aktivitas pengendalian dengan kinerja satuan pengawasan internal di Rumah Sakit Sitti Khadijah 1 Makassar, ada pengaruh informasi dan komunikasi dengan kinerja satuan pengawasan internal di Rumah Sakit Sitti Khadijah 1 Makassar.

  Kata kunci : faktor yang berpengaruh, kinerja, pengawasan internal

References

DAFTAR PUSTAKA
1. Ervina, R. A. Pengaruh Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bidang Keperawatan Rsud Dr. Haryoto Lumajang (Doctoral Dissertation, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jember).
2. Fathah, R. N. (2019). Analisis Sistem Pengendalian Internal Latar belakang 2 . Bagaimana sistem pengendalian internal yang tepat untuk mengembangkan tata kelola. 3(1), 198–208.
3. Fengky, H., Sabijono, H., & Kalalo, M. (2019). Evaluasi penerapan sistem pengendalian internal penerimaan kas pada Hotel Yuta Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(1).
4. KEPMEN BUMN No. KEP-117/M-MBU/2002 tanggal 1 Agustus 2001 pada pasal 4 tentang penerapan good corporate governance.
5. Kharis, Abdul 2016. Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern Pada Pt.Avia Avian. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Pembangunan Nasional. Jawa timur.
6. Lasso, A. B., & Ngumar, S. (2016). Pengaruh Pengendalian Intern Terhadap Kinerja
7. Karyawan Bagian Produksi Pt. Brother Silver. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 5(11).
8. Maharani, F. L., Sofianti, S. P. D., & Wardayanti, S. M. (2015). Pengaruh pengendalian internal terhadap kinerja karyawan pada divisi pelayanan medis di rumah sakit Jember Klinik. Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 13(2).
9. Pertiwi, M. (2015). Pengaruh Profesionalisme Satuan Pengawas Intern Terhadap Implementasi Good Corporate Governance (Studi Kasus pada PT Pos Indonesia (Persero) (Doctoral dissertation, Universitas Widyatama).
10. Prativi, O., & Octava, R. Y. K. E. (2013). Evaluasi Efektivitas Fungsi Satuan Pengawas Intern (SPI) Dalam Melaksanakan Audit Internal. Jurnal Akuntansi Akunesa, 1(2).
11. Prawiro, B. H., Hakim, D. B., & Maulana, A. 2020. Strategi Meningkatkan Quality Assurance pada Satuan Pengawasan Internal Perum Jasa Tirta II Jatiluhur. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM), 6(3), 549-549.
12. Sugiono, (2001). MetodePenelitian Administrasi.Alfabeta. Bandung
13. Triadi, A.A Lina; Saputra, I.D.G Dharma..2016. Pengaruh Pengendalian Internal Dan Penerapan Prinsip-Prinsip Good Corporate (https://ojs.unud.ac.id › Akuntansi › article › view)
14. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009. Kebijakan Pemerintah Tentang Pendirian Rumah Sakit.
Published
2022-08-02
Section
Articles