Mitigasi Bencana Gempa Bumi dengan Metode Learning by Doing

  • Hasriwiani Habo Abbas Universitas Muslim Indonesia
  • Nurbaeti Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Asrina Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Mitigation, earthquake, learning by doing

Abstract

Gempa Bumi adalah vibrasi kerak bumi yang memberikan getaran mulai yang tidak terasa sampai yang
mengguncangkan bumi. Terjadinya gempa bumi berkaitan dengan terlepasnya tegangan pada kerak bumi yang
menimbulkan gelombang elastis yang merambat melintasi lapisan-lapisan bumi. Data dari BPBD Kabupaten Wajo
mencatat pada tahun 2018 telah terjadi 3 titik pusat gempa bumi yang mengguncang beberapa kecamatan di
Kabupaten Wajo. Tujuan penelitian adalah meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan siswa terhadap gempa
bumi melalui metode learning by doing pada siswa SMA 3 Wajo Kab. Wajo. Metode penelitian adalah penelitian
quasi experiment, pada penelitian ini, kelompok eksperimen mendapatkan edukasi dengan media video
dan simulasi secara langsung dan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan edukasi. Penarikan
sampel dengan teknik proportional stratified random sampling namun sebelumnya dilakukan perhitungan
jumlah sampel dengan menggunakan rumus lemenshow, di peroleh 158 siswa. Hasil Penelitian ini
dilakukan pre dan post test, pengetahuan menunjukkan peningkatan sebesar 41%, Sikap terjadi
peningkatan sebesar 13%, dan tindakan meningkat sebesar 25%. Hasil penelitian ini menyimpulkan
bahwa pengetahuan, sikap dan tindakan siswa mengalami peningkatan hal ini di sebabkan metode
yang dilakukan adalah metode learning by doing yaitu setelah diberikan pelatihan maka siswa langsung
memperagakan dengan dilakukan simulasi yang mana di sekolah benar-benar terjadi gempa, dan disini
peneliti melihat sikap dan tindakannya masih belum maksimal. Oleh Karena itu pembelajaran
kebencanaan disarankan untuk diasukkan dalam kurikulum pendidikan dimana negara Indonesia
sangat rawan akan bencana alam.

References

1. Direja AHS, Wulan S. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kesiapsiagaan Tenaga Kesehatan
dalam Menghadapi Bencana Gempabumi dan Tsunami. J Dialog Penanggulangan Bencana BNPB.
2018;9(2):102-115.
2. Di Mauro M, Megawati K, Cedillos V, Tucker B. Tsunami risk reduction for densely populated
Southeast Asian cities: Analysis of vehicular and pedestrian evacuation for the city of Padang,
Indonesia, and assessment of interventions. Nat Hazards. 2013;68(2):373-404.
doi:10.1007/s11069-013-0632
3. BMKG. Gempabumi Terkini _ BMKG. Bmkg. Published online 2019.
4. Kompas.com. Menristek Dikti: Tahun Ini, Kampus Harus Jelaskan Mitigasi Bencana. Published
online 2019.
5. Suhardjo D. Arti Penting Pendidikan Mitigasi Bencana Dalam Mengurangi Resiko Bencana. J
Cakrawala Pendidik. 2015;(2):174-188. doi:10.21831/cp.v0i2.4226
6. Susilo C, Kurniawan H, Ni’am MS. Keterlibatan Anak Prasekolah Tentang Pengenalan
Kesiapsiagaan Bencana Alam Melaui Metoda Simulasi. Indones J Heal Sci. 2017;9(1):80-86.
7. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Rencana Nasional Penanggulangan Bencana
2015-2019. Rencana Nas Penanggulangan Bencana 2015-2019 Ringkasan Eksek. Published online
2014:1-115.
8. Kurniati A. Aplikasi Mekanisme Fokus Dalam Identifikasi Sesar Di Sulawesi Bagian Selatan.
Skripsi Geofis Fak Mat dan Ilmu Pengetah Alam Univ Hasanuddin. Published online 2017.
9. Selama 2018, Gempa Guncang 11.
10. Notoadmodjo 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Published online 2010.
11. Notoatmodjo. S. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Published online 2005.
12. Rahmad Afandi. Pengaruh Pelatihan Simulasi Terhadap Pengetahuan Siswa Kelas X IPS Tentang
Mitigasi Bencana Gempa Bumi Di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Skripsi Fak Kegur dan
Pendidikan, Univ Muhammadiyah Surakarta. Published online 2014:97.
13. neini ikbal revi, permata sari rebbi. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Kesiapsiagaan
Menghadapi Bencana Gempa Bumi Pada Siswa Smpn 13 Padang. Jik- J Ilmu Kesehat.
2018;2(2):40-46. doi:10.33757/jik.v2i2.107
14. Nurudin A. Pengaruh Pelatihan Penanggulangan Bencana Gempa Bumi Terhadap Kesiapsiagaan
Siswa Kelas VII di SMP Negeri I Imogiri Bantul Yogyakarta. Sekol Tinggi Ilmu Kesehat ’Aisiyyah
Yogyakarta. Published online 2015.
15. Susilowati T, Puji Lestari RT, Hermawati H. Hubungan Pengetahuan Siaga Gempa Bumi dan Sikap
Siswa Terhadap Kesiapsiagaan Di SD Negeri 2 Cepokosawit. Gaster. 2020;18(2):172.
doi:10.30787/gaster.v18i2.523
16. Widjanarko M, Minnafiah U. Pengaruh Pendidikan Bencana Pada Perilaku Kesiapsiagaan Siswa.
J Ecopsy. 2018;5(1):1. doi:10.20527/ecopsy.v5i1.4878
17. HELY. Pengaruh Pemgetahuan Dan Pelatihan Kesiapsiagaan Penanggualangan Bencana Gempa
Bumi Terhadap Tenaga Kesehatan di RSU Bunda Thamrin Kota Medan Tahun 2013. Tesis Progr
Stud S2 Ilmu Kesehat Masy Fak Kesehat Masy Univ Sumatera Utara Medan. 2014;0(0):1-115
Published
2022-01-25
How to Cite
1.
Abbas HH, Nurbaeti, Andi Asrina. Mitigasi Bencana Gempa Bumi dengan Metode Learning by Doing. woh [Internet]. 2022Jan.25 [cited 2024Dec.22];5(1):475 -485. Available from: https://jurnal.fkmumi.ac.id/index.php/woh/article/view/139
Section
Articles