Pengaruh Edukasi Melalui Media Whats App dan Leaflet Terhadap Perubahan Perilaku Berisiko Pada Siswa

  • Irnawati Irnawati Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Pangkep
  • Suriah Suriah Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin
  • Yusriani Yusriani Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Edukasi, Leaflet, Pengetahuan, Sikap, Watsaap

Abstract

Remaja sangat rentan terhadap perilaku yang berisiko terhadap kesehatan seperti merokok dan minum minuman keras sehingga harus secara dini dibekali dengan pengetahuan untuk mencegah perilaku-perilaku berisiko tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh edukasi melalui media media Whats App dan leaflet tarhadap perubahan perilaku berisiko pada siswa SMKS Muhammadiyah Bungoro dan SMAS DDI Pangkajene Kabupaten Pangkep. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi-experimen) dengan rancangan pretestposttest only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas 2 yang terdaftar di SMKS Muhammadiyah Bungoro dan SMA DDI Pangkajen Kabupaten Pangkep sebanyak 330 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 dari SMKS Muhammadiyah Bungoro dan SMA DDI Pangkajene Kabupaten Pangkep sebanyak 180 siswa. Pengambilan sampel secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diberikan saat pretest dan posttest. Pengolahan data menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum edukasi, pengetahuan dan sikap siswa lebh banyak yang kurang, setelah pemberian edukasi pengetahuan dan sikap siswa meningkat menjadi baik. Peningkatan pengetahuan lebih tinggi pada siswa yang mendapat edukasi melalui leaflet, sedangkan peningkatan sikap lebih tinggi pada siswa yang mendapat edukasi melalui Whats App. Penelitian ini menyimpulkan ada pengaruh edukasi melalui leaflet dan Whats App terhadap perubahan perilakau berisiko siswa (p<0.05)

References

1. World Health Organization. Data Penggunaan Alat Kontrasepsi. (2014).
2. Liem Andrian. Pengaruh Media Massa, Keluarga, dan Teman Terhadap Perilaku Merokok Remaja di Yogyakarta. Makara Hubs-Asia 18, 41–52 (2014).
3. Kusumawardani. Perilaku Berisiko Kesehatan Pada Pelajar SMP dan SMA. (2015). 4. Fatin. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Bahaya Rokok Pada Remaja Di Surakarta. (2011).
5. E, R. Efektivitas Promosi Kesehatan Dengan Media Leaflet Dan Video Terhadap Pengetahuan Remaja SMKS Muhammadiyah Bungoro Kab. Pangkep. (2018).
6. L, D. Smooking Effect Video Learning Berbasis Mobile Sebagai Media Penyuluhan Kesehatan Anti Rokok. (2013).
7. Kustanto R. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Merokok Di Rumah Pada Masyarakat Jorong Ganting Ateh Nagari Tantung Alam. J. Kesehat. STIKES Prima Nusant. Bukit Tinggi 6, (2014).
8. Balitbangkes. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Terhadap Rokok Dan Kesehatan. (2016).
9. Badan Pusat Statistik. Data Penduduk Kabupaten Pangkep. (2017).
10. Notoatmodjo. Ilmu Perilaku Kesehatan. (Rineka Cipta, 2012).
11. Perwitasari R. Motivasi dan Perilaku Merokok Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Internal Locus Of Control Dan Eksternal Locua Of Control. Fak. Ilmu Pendidik. Negeri Semarang. (2011).
12. Ambarwati dkk. Leaflet, Video Dan Pengetahuan Siswa SD Tentang Bahaya Merokok (Studi Pada Siswa SDN 78 Sabrang Lor Mojosongo Surakarta). (2014).
13. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Merokok Di Rumah Pada Masyarakat Jorong Ganting Ateh Nagari Tantung Alam. J. Kesehat. STIKES Prima Nusant. Bukit Tinggi 6, (2014).
14. Wirantini. S. Pengaruh Peer Education Terhadap Perilaku Merokok Pada Remaja Di SMAN ‘X’ Denpasar. (2015).
15. Perwitasari. R. Motivasi Dan Perilaku Merokok Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Internal Locus Of Control Dan Eksternal Locus Of Control. (Fakultas Ilmu Pendidikan Negeri Semarang, 2011
Published
2019-07-25
How to Cite
1.
Irnawati I, Suriah S, Yusriani Y. Pengaruh Edukasi Melalui Media Whats App dan Leaflet Terhadap Perubahan Perilaku Berisiko Pada Siswa . woh [Internet]. 2019Jul.25 [cited 2024May4];2(3):297-06. Available from: https://jurnal.fkmumi.ac.id/index.php/woh/article/view/617
Section
Articles