Pengaruh Penggunaan Media terhadap Pengetahuan Ibu dalam Pelaksanaan Inisiasi Menyusu Dini

  • Hasyati Hasyati Kesehatan Reproduksi, Program Studi Magister Kesehatan, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Fairus prihatin Idris Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Yusriani Yusriani Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Penggunaan Media dan Inisiasi Menyusu Dini

Abstract

Edukasi dalam menyusui merupakan metode intervensi yang paling efektif meningkatkan inisiasi menyusu dalam jangka pendek. Metode intervensi edukasi pada ibu tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu, tapi juga mempengaruhi prilaku mereka dalam pemberian ASI. Edukasi tentang menyusu dan menyusui sering dilakukan selama masa prenatal dan intrapartum yang diajarkan oleh seseorang yang memiliki keahlian dalam manajemen laktasi dengan sistem edukasi yang terstruktur. Penelitian ini dilaksanakan di RSIA Siti Khadijah I dan Siti Khadijah III pada kelompok eksprimen/perlakuan sedangkan pada kelompok kontrol dilakukan di RSKDIA Siti Fatimah dan RSKDIA Pertiwi dengan rancangan waktu penelitian mulai dari bulan September- Oktober 2018 dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media terhadap pelaksanaan inisiasi menyusu dini (IMD) di empat wilayah kerja rumah sakit bersalin di kota Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu pendekatan kuantitatif dengan Quasi Eksperimen, Penelitian ini menggunakan data primer dengan populasi sebanyak 66 orang ibu hamil trimester ketiga (usia Kehamilan 40-42 minggu), dimana 33 orang untuk kelompok intervensi dan 33 orang untuk kelompok control. Data dianalisis menggunakan Uji Mann Withney. Hasil penelitian menunjukkan variabel pengetahuan ibu (p=0,000 < α = 0,05) bahwa : Ada pengaruh pemberian media terhadap pengetahuan inisiasi menyusu dini. Hal ini berarti bahwa pengetahuan, sikap mampu mendorong peningkatan dalam pelaksanaan inisiasi menyusu dini. Pengetahuan yang baik dimiliki ibu dapat mempengaruhi partispasi dalam melakukan inisiasi menyusu dini. Pengetahuan, sikap ibu tentang inisiasi menyusu dini sangat penting untuk menunjang ibu dalam berpartisipasi melakukan IMD. Serta keluarga juga harus mempunyai pengetahuan yang baik dan sikap yang mendukung dalam memberikan pendidikan kesehatan guna meningkatkan pengetahuan ibu.

References

1. Agunbiade. (2012). Constrains to exclusive breastfeeding practice among mother in Southwest Nigeria. International Breastfeeding Journal.Vol.7 . No .5.
2. Karindra Aji Hidayat. (2012). perbandingan pelaksanaan inisiasi menyusu dini berdasarkan tingkat pengetahuan ibu hamil. Fak Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang.
3. Lowdermilk. Perry. Cashion. (2013). Keperawatan Maternitas. Singapura : Elsevier Mosby.
4. Mubarak.Wahid Iqbal., Chayatin. Nurul. (2011). Ilmu Kesehatan Masyarakat: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Medika.
5. M. Edmond K, dkk (2006). Delayed Breastfeeding Initiation Increases Risk Of Neonatal Mortality. Pediatrics , 117:380.
6. Yusriani Y, Alwi MK. BUKU AJAR PROMOSI KESEHATAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. BOOK & ARTICLES OF FORIKES. 2018 Mar 31;9:1-59.
7. Profil Kesehatan Indonesia. (2017). Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.
8. Roesli, Utami. (2008). Inisiasi Menyusu Dini. Jakarta: Pustaka Bunda.
9. Shwetal B, Pooja P, Neha K, Amit D, Rahul P. (2012). Knowledge, attitude and practice of postnatal mothers for early initiation of breastfeeding in the obstrectic wards of a tertiary care hospital of Vadodara City. Natl J Community Med , 3;306.
10. Tamara, Marina. (2011). Hubungan Inisiasi Menyusu Dini dengan keberhasilan ASI Eksklusif dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Indonesian Journal of Obstetrics and Gynecology.Vol.35, 3.
11. Yusriani Y, Alwi MK. Community Empowerment Model Based on Local Wisdom As an Effort to Reduce Maternal Mortality Rate in Jeneponto Regency. InInternational Seminar on Public Health and Education 2018 (ISPHE 2018) 2018 May 8. Atlantis Press.
12. Zuliani. (2011). Program Pelaksanaan IMD di Indonesia. Dipetik Oktober 1, 2013, dari http://elvizulianisehati.com.wordpress.com/category/mdgs.Indonesia/
13. Yusriani Y, Alwi MK. IMPLEMENTASI PELAYANAN KESEHATAN IBU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BONTOMATE’NE, KECAMATAN TURATEA, KABUPATEN JENEPONTO. In Prosiding Seminar Nasional Sinergitas Multidisiplin Ilmu Pengetahuan dan Teknologi 2018 Jul 31 (Vol. 1, pp. 157-163).
14. Yusriani MK, Nugroho HS. The effect of training on efforts to reduce maternal mortality risk to behavior of community-based safe motherhood promoters (SMPs). EXECUTIVE EDITOR. 2018 Nov;9(11):339.
Published
2019-01-25
How to Cite
1.
Hasyati H, Idris F prihatin, Yusriani Y. Pengaruh Penggunaan Media terhadap Pengetahuan Ibu dalam Pelaksanaan Inisiasi Menyusu Dini . woh [Internet]. 2019Jan.25 [cited 2024Apr.28];2(1):88-6. Available from: https://jurnal.fkmumi.ac.id/index.php/woh/article/view/586
Section
Articles