Gangguan Kepribadian Akibat Kecanduan Bermain Game Pada Gamers

  • Edward Pandu Wiriansya Bidang Pelayanan Medik, Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar
  • Andi Muhammad Reza Cesaria Noor Fakultas Kedokteran, Universitas Muslim Indonesia
  • Titin Suhartina Rahman Fakultas Kedokteran, Universitas Muslim Indonesia
  • Dian Amelia Abdi Fakultas Kedokteran, Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Puspa Ratu Rumah Sakit Batara Siang Pangkep
Keywords: Kecanduan game;, gangguan kepribadian;, gangguan mental

Abstract

Permainan elektronik atau yang sering disebut dengan game online, telah mengalami perkembangan dan kemajuan
yang sangat pesat. Hal ini terlihat sampai ke berbagai kota kecil di segala penjuru Indonesia, telah banyak tempat
permainan game (Game center) bermunculan. Bahkan belakangan ini, jenis dan tema permainan yang berkembang
mengarah ke tema kekerasan yang memicu perilaku agresif pada remaja. Selain itu, seiring dengan meningkatnya
jumlah pecandu game, maka angka tindakan kriminal yang dipicu oleh game meningkat. Tujuan penelitian ini
adalah mengetahui hubungan kecanduan bermain game terhadap gangguan kepribadian pada pemain game.
Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan rancangan cross sectional. Subjek penelitian
adalah pemain game di Game Center Kota Makassar yang diambil secara total sampling. Pengambilan data
dilakukan menggunakan kuesioner Game Addiction Scale (GAS), Mini International Neurophysciatric Interview
(MINI), dan lembar data pemain game. Uji hipotesis korelasi antara kecanduan bermain game dengan gangguan
kepribadian dianalisis dengan Uji T dua sampel bebas. Dari 50 orang pemain game di Game center yang dijadikan
sampel, terdapat 48 orang yang mengalami gangguan kepribadian. Analisis bivariat kecanduan bermain game
berhubungan dengan gangguan kepribadian didapatkan p value =0.000, jenis game tidak berhubungan dengan
gangguan kepribadian didapatkan p value =0.745, dan durasi bermain game berhubungan dengan gangguan
kepribadian didapatkan p value =0.001. Kesimpulan yaitu terdapat hubungan antara kecanduan dan durasi bermain
game dengan gangguan kepribadian. Disarankan tidak selalu menggunakan game agar tidak mengalami
gangguan kepribadian.

References

1. Harahap luthfi Affandi. Transformasi Game Dota Warcraft III The Frozen Throne. Yogyakarta: UAJY. 2015:1–11.
2. Rooij AJ Van. Online Video Game Addiction. Addiction Abingdon England. 2016.
3. Novita, F.R. Putri. Hubungan Antara Self Control Dengan Intensitas Bermain Game Online Pada Mahasiswa. Fakultas Psikologi : Universitas Muhammadiyah Malang. Jurnal Psikologi Unesa. 2018;5(1);18-24.
4. Dewi, Kartika Sari. Buku Ajar Kesehatan Mental. Semarang: Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Diponegoro. 2017.
5. Liu B-P, Qin P, Liu Y-Y, Yuan L, Gu LX, Jia C-X. Mental Disorders And Suicide Attempt In Rural China. Psychiatry Research. 2018;261:190-6.
6. Budhi, F.H & Endang, S.R. Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecanduan Game Online Pada Mahasiswa Pemain Game Online Di Game Center X Semarang. Jurnal Psikologi Undip. 2016;5(3):101-1109
7. Griffith, M.D., dkk. Online Computer Gaming: A Comparison Of Adolescent And Adult Gamers. Journal Of Adolescence, 2019;27(2):84-96
8. Widarti, I. Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecanduan Game Online Pada Dewasa Di Malang. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan UNM. Jurnal Psikologi UNM. 2017;9(1):32-41
9. Widiana, S. S. Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecenderungan Kecanduan Internet. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM. Jurnal Psikologi UGM. 2015;4(4):47-55
10. Warner J. Psychiatry at a Glance. By Cornelius Katona and Mary Robertson. Oxford: Blackwell Science. 2015:80
11. Kim EJ, Namkoong K, Ku T, Kim SJ. The Relationship Between Online Game Addiction And Aggression, Self-Control And Narcissistic Personality Traits. Eur Psychiatry. 2018;12(2):210-218
12. Rikky Y, Santoso D, Purnomo JT, Sussman CJ, Harper JM, Stahl JL, et al. Masalah Adiksi Game Online pada Anak. Cdk [Internet]. 2017;43(4):262–5. Available from: https://doi.org/10.1016/j.abrep.2018.06.004%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.addbeh.2015.11.004
%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.chc.2017.11.015
13. Beranuy, M., Carbonell, X., & Mark, D. G. A Qualitative Analysis of Online Gaming Addicts in Treatment. Int J Ment Health Addiction, 2016;11(3):149–161
14. Charlton, J. P., & Danforth, D. W. Validating The Distinction Between Computer Addiction
And Engagement: Online Game Playing And Personality. Behaviour & Information Technology, 2017;29(6):601-613
15. Dickey, M. D. World of Warcraftand The Impact Of Game Culture And Playing An Undergraduate Game Design Course. Computers & Education, 2016;56(2);200-209.
16. Freeman, C. B. Internet Gaming Addiction. The Journal for Nurse Practitioners, 2018;10(2):46.
17. Hussain, Z., & Griffiths, M. D. Excessive Use Of Massively Multi-Player Online RolePlaying Games: A Pilot Study. Int J Ment Health Addiction. 2018;7(3):563-571
18. Young, K. Understanding Online Gaming Addiction and Treatment Issues for Adolescents.The American Journal of Family Therapy, 2019;37:355-372
19. Tristiana RD, Yusuf A, Fitryasari R, Wahyuni SD, Nihayati HE. Perceived Barriers On Mental Health Services By The Family Of Patients With Mental Illness. International Journal of Nursing
Sciences. 2018;5(1):63-7
Published
2020-07-25
How to Cite
1.
Wiriansya EP, Cesaria Noor AMR, Rahman TS, Abdi D A, Ratu AP. Gangguan Kepribadian Akibat Kecanduan Bermain Game Pada Gamers. woh [Internet]. 2020Jul.25 [cited 2024Apr.28];3(3):186-92. Available from: https://jurnal.fkmumi.ac.id/index.php/woh/article/view/968
Section
Articles