Hubungan Pengetahuan Dan Status Ekonomi Terhadap Pemakaian Alat Pelindung Diri Pada Pemulung Sampah Di TPA Tamangapa Kota Makassar

  • Muhammad Qasim Profesi Ners STIKES Nani Hasanuddin Makassar
Keywords: Pengetahuan, Sosial ekonomi, APD

Abstract

Salah satu bentuk dalam menghindari terjadinya penyakit akibat kerja dan kecelakan saat bekerja adalah dengan memahami penggunaan APD serta memakai alat pelindung diri. Pemakaian alat pelindung diri yang dimaksudkan dimana kondisi pemulung di TPA Tamangapa saat bekerja dengan menggunakan masker, sepatu boot, sarung tangan dan helm pelindung. Dengan tujuan untuk mencegah terkontaminasinya penyakit dan melindungi bagian atau seluruh tubuhnya terdahap adanya potensi bahaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sosial ekonomi terhadap pemakaian alat pelindung diri pada pemulung sampah di TPA Tamangapa Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di TPA Tamangapa Kota Makassar.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan februari 2018. Desain penelitian yang digunakan adalah metode observasional analitik adalah suatu rancangan penelitian yang bertujuan untuk melihat hubungan dua variabel atau tanpa adanya perlakuan atau intervensi dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 99 responden sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan statistis dengan uji chi square. Hasil analisis bivariat menunjukkan ada hubungan pengetahuan dengan penggunaan Alat pelindung diri p=0.024, dan ada hubungan status ekonomi dengan penggunaan Alat Pelindung Diri (p =0,029). Kesimpulan ada hubungan antara pengetahuan, dan status ekonomi pada pemulung sampah di TPA Tamangapa Kota Makassar. Disarankan kepada para pemulung sampah agar lebih meningkatkan pemahamannya dan kedisiplinan memakai Alat Pelindung Diri ketika bekerja.

References

1. Indonesia KKR. [Internet]. Jakarta2014. [cited 2017]. Available from: http://www.depkes.go.id/article/print/201411030005/1-orang-pekerja-di-dunia meninggal-setiap15-detik-karena-kecelakaan-kerja.html,.
2. Mukosuli R. Hubungan Antara Aktivitas Fisik denga Kelelahan Kerja pada Nelayan di Keluraha Malalayang 1 Timur Kecamatan Malalayang Kota Manado. Jurnal IlmiahFarmasi-UNSRAT 2016;Volume 5 No. 3 2302-493.
3. Liswanti Y. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kepatuahan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Serta Kaitannya Terhadap Status Kesehatan Pada Petugas Pengumpul Sampah Rumah Tangga di Kota Tasikmalaya Tahun 2014. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada 2015;Volume 13 196-200.
4. Wawan A. Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika; 2011.
5. Prasetiyo E. Pengaruh Pengetahuan, Sikap, dan Ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) terhadap Kepatuhan dalam Menggunakan APD di Unit Coating PT. Pura Barutama Kudus. The 2nd University Research Coloquium. 2015.
6. Setiarni SM. Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan, Status Ekonomi dan Kebiasaan Merokok Dengan Kejadian Tuberkulosis Paru Pada Orang Dewasa di Wilayah Kerja Puskesmas Tuan-Tuan Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat. Kesmas. 2011;Vol. 5. No. 3.
7. Budiman, Riyanto. Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta Selatan: Salemba Medika; 2013.
Published
2018-07-25
How to Cite
1.
Qasim M. Hubungan Pengetahuan Dan Status Ekonomi Terhadap Pemakaian Alat Pelindung Diri Pada Pemulung Sampah Di TPA Tamangapa Kota Makassar . woh [Internet]. 2018Jul.25 [cited 2024May4];1(3):269-75. Available from: https://jurnal.fkmumi.ac.id/index.php/woh/article/view/694
Section
Articles