Terapi Aktivitas Kelompok terhadap Kemampuan Sosialisasi Lansia

  • Fatma Jama Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Terapi Aktifitas Kelompok, Sosialita, Lansia

Abstract

Terapi aktifitas kelompok sangat penting dilakukan untuk melatih kemampuan sosialisasi, khususnya pada lansia yang tinggal di panti sosial. Lansia yang kemampuan sosialisasinya baik akan lebih mudah dan mampu berinteraksi sosial ke masyarakat serta lingkungan sekitarnya, sedangkan pada lansia yang mengalami gangguan bersosialisasi, maka lansia tersebut akan mengalami kesulitan dalam melakukan interaksi ke masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Lansia pada umumnya akan mengalami masalah dalam kehidupannya dimana permasalahan tersebut salah satunya adalah perubahan status dan peranannya dalam kelompok atau masyarakat, serta kurangnya sosialisasi antara lansia satu dengan lansia lainnya. Lansia yang mengalami permasalahan tersebut akan sangat berdampak pada perubahan psikososialnya, sehingga dapat mengakibatkan terjadinya perubahan perilaku. Perubahan perilaku yang dimaksudkan berkaitan dengan ketidakmampuan lansia bersosialisasi ke sesama lansia lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi aktifitas kelompok terhadap kemampuan sosialisasi lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Gau Mabaji Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan One Group Pre-test dan Post-test. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling, dimana sampel penelitian yang didapatkan adalah sebanyak 32 orang. Hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner pada pre-post dan observasi langsung pada post-test. Pengolahan data/uji statistik menggunakan uji T-paired. Penelitian ini menyimpulkan bahwa secara signifikan pemberian terapi aktifitas kelompok dengan cara bermain, keterampilan sosial, dan kerja bakti dapat meningkatkan kemampuan sosialisasi lansia yang tinggal di Panti Sosial Tresna Werdha Gau Mabaji Kabupaten Gowa.

References

Andaryaniwati (2011). Pengaruh Terapi Aktivitas Kelompok terhadap Klien dengan Masalah Keperawatan Gangguan Sosialisasi di Panti Sosial Tresna Wredha Gau Mabaji Gowa (Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan UMI).
Keliat, B.A. & Akemat (2009). Keperawatan Profesional Jiwa. EGC, Penerbit Buku Kedokteran, Jakarta.
Rosiana., A. (2011). Pengaruh Latihan Keterampilan Sosial terhadap Kemampuan Soialisasi pada Lansia dengan Kesepian di Panti Sosial Werdha di Kabupaten Semarang (Skripsi, Fakultas Keperawatan Universitas Indonesia, Jakarta).
Wahjudi (2012). Keperawatan Gerontik dan Geriatrik. EGC Penerbit Buku Kedokteran, Jakarta.
Yunita (2012). Pengaruh Terapi Aktifitas Kelompok terhadap Kemampuan Sosialisasi Lansia di Panti Werdha Jember (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang, Malang). 101 | Penerbit: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia
Published
2018-04-25
How to Cite
1.
Jama F. Terapi Aktivitas Kelompok terhadap Kemampuan Sosialisasi Lansia . woh [Internet]. 2018Apr.25 [cited 2024May5];1(2):97-101. Available from: https://jurnal.fkmumi.ac.id/index.php/woh/article/view/654
Section
Articles