Perilaku Berisiko dalam Berkendara dan Kejadian Kecelakaan Sepeda Motor pada Mahasiswa

  • Farah Multi Amalia Prodi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Mochamad Iqbal Nurmansyah Prodi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Keywords: Kecelakaan, Prilaku, Remaja, Sepeda.motor

Abstract

Kecelakaan lalu lintas menjadi penyebab utama kematian pada kelompok usia dewasa muda. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan perilaku berisiko dalam berkendara terhadap kejadian kecelakaan sepeda motor pada mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel berjumlah 502 mahasiswa yang dipilih dengan menggunakan metode purposive proportional sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan 32.1% responden pernah mengalami kecelakaan sepeda motor. Uji statistik menunjukkan terdapat hubungan antara mendengarkan musik saat berkendara (p=0.013), berkendara dengan kecepatan lebih dari 50km/jam (p=0.001), rem mendadak (p=0.000), dan menyalip tanpa memberikan lampu sein (p=0.006) dengan kejadian kecelakaan sepeda motor. Perilaku berisiko dapat mengurangi konsentrasi seseorang dalam berkendara sehingga hal tersebut dapat meningkatkan peluang terjadinya kecelakaan kendaraan bermotor. Pihak universitas khususnya perlu memperketat peraturan dan edukasi bagi mahasiswa untuk dapat meingkatkan perilaku aman dalam berkendara.

References

1. World Health Organization. The Global status report on road safety 2018. Geneva. 2018.
2. Sultan Z, Ngadiman NI, Kadir FDA, Roslan NF, Moeinaddini M. Factor analysis of motorcycle crashes in Malaysia. Plan Malaysia. 2016;12(2):40-46.
3. Badan Pusat Statistik. Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis, 1949-2018 [Internet]. Data Sensus. 2019 [cited 2020 May 26]. Available from: https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1133
4. Badan Pusat Statistik. Statistik Transportasi Darat. Badan Pusat Statistik. 2017.
5. Saputra AD. Studi Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas Jalan di Indonesia Berdasarkan Data KNKT ( Komite Nasional Keselamatan Transportasi ) Dari Tahun 2007-2016 Nasional Keselamatan Transportasi ) Database from 2007-2016. 2017;179–90.
6. Lulie, Y dan Hatmoko, J.T. 2015. Perilaku Agresif Menyebabkan Risiko Kecelakaan Saat Mengemudi. Jurnal Teknik Sipil Universitas Atmajaya Yogyakarta. Volume 6 No.1 Oktober 2005 : 60 – 73. diakses melalui www.uajy.ac.id/ jurnal/jurnal_teknik_sipil tanggal 2 Maret 2018.
7. Glendon AI, Dorn L, Davies R, Matthews G, Taylor RG. Age and gender differences in perceived accident likelihood and driver competences. Journal of Risk Analvsis. 2016;16 (6):20-30.
8. Chumpawadee U, Homchampa P, Thongkrajai P, Suwanimitr A, Chadbunchachai W. Factors Related To Motorcycle Accident Risk Behavior Among University Students In Northeastern Thailand. Southeast Asian J Trop Med Public Health. 2015;46(4):805–821.
9. Jaccard J, Dodge T, Blanton H. Peer influences on risk behavior: an analysis of the effects of a close friend. Developmental Psychology American Psychological Association. 2015;1(41):135144
10. Taber KS. The Use of Cronbach’s Alpha When Developing and Reporting Research Instruments in Science Education. Res Sci Educ. 2018;48(10):1273–1296.
11. Setyowati DL, Firdaus AR, Rohmah N. Factor Cause of Road Accidents at Senior High School Students in Samarinda. Indones J Occup Saf Heal. 2018;7(3):329–338.
12. Nyagwui AE, Fredinah N, Che LB, Yulia B. Motorcycle injury among secondary school students in the Tiko municipality, Cameroon. Pan Afr Med J. 2016;24(1):116-121.
13. Susilo YO, Joewono TB, Vandebona U. Reasons underlying behaviour of motorcyclists disregarding traffic regulations in urban areas of Indonesia. Accid Anal Prev. 2015;75(2):272284.
14. Hidayati A, Hendrati LY. Analisis Risiko Kecelakaan Lalu Lintas Berdasar Pengetahuan, Penggunaan Jalur, dan Kecepatan Berkendara. J Berk Epidemiol. 2016;4(2):275–287.
15. Irnawati I, Suriah S, Yusriani Y. Pengaruh Edukasi Melalui Media Whats App dan Leaflet Terhadap Perubahan Perilaku Berisiko Pada Siswa. Wind Heal J Kesehat. 2019;2(3):285–296.
16. Stelling-Konczak A, van Wee GP, Commandeur JJF, Hagenzieker M. Mobile Phone Conversations, Listening To Music And Quiet (Electric) Cars: Are Traffic Sounds Important ForSafe Cycling? Accid Anal Prev. 2017;106(9):10–22.
17. Lam C, Pai CW, Chuang CC, Yen YC, Wu CC, Yu SH, et al. Rider factors associated with severe injury after a light motorcycle crash: A multicentre study in an emerging economy setting. PLoS One. 2019;14(6):219-232.
18. Sung KM, Noble J, Kim SC, Jeon HJ, Kim JY, Do HH, et al. The Preventive Effect of Head Injury by Helmet Type in Motorcycle Crashes: A Rural Korean Single-Center Observational Study. Biomed Res Int. 2016;16(6):1–7.
19. Aisyah S, Fachrin S, Haeruddin H, Rahman I. Faktor Yang Mempengaruhi Kelelahan Kerja Pada Petugas Kebersihan Di Rumah Sakit Dr. Tadjuddin Chalid Kota Makassar. Window of Health : Jurnal Kesehatan [Internet]. 22Aug.2019 [cited 23Oct.2020]:256-65. Available from: http://jurnal.fkmumi.ac.id/index.php/woh/article/view/185
20. Zehra SB, Fatima D, Haider AF, Ali M. Prevalence of Psychosocial and Behavioral Aspects in Victims of Motorcycle Accidents in Civil Hospital, Karachi. Cureus. 2019;11(4):44-73.
21. Departemen Perhubungan Republik Indonesia Ditjen Perhubungan Darat. Buku petunjuk tata cara bersepeda motor di Indonesia. 2004;1–69.
22. Muryatma NM. Hubungan Antara Faktor Keselamatan Berkendara Dengan Perilaku Keselamatan Berkendara. J PROMKES. 2018;5(2):155-165. 23. Garcia-Ferrer, Aranzazu De Juan A, Poncela P. The Relationship Between Road Traffic Accidents And Real Ecomonic Activity In Spain: Common Cycles And Health Issues. Health Economic. 2017;16: 602-626
Published
2020-10-25
How to Cite
1.
Amalia FM, Nurmansyah MI. Perilaku Berisiko dalam Berkendara dan Kejadian Kecelakaan Sepeda Motor pada Mahasiswa . woh [Internet]. 2020Oct.25 [cited 2024May6];3(4):273-86. Available from: https://jurnal.fkmumi.ac.id/index.php/woh/article/view/638
Section
Articles