Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Mediasi Pasien Rawat Inap Di RSU Dewi Sartika Kendari

  • Randa Wulaisfan Politeknik Bina Husada Kendari, Program Studi D-III Farmasi
  • Yulianti Fauziah Politeknik Bina Husada Kendari, Program Studi D-III Farmasi
Keywords: Kualitas pelayanan, loyalitas, kepuasan, rumah sakit

Abstract

Pelayanan kesehatan di Rumah Sakit secara umum termasuk pelayanan jasa, dimana jasa menitikberatkan pada kinerja pemberi pelayanan. Juga semakin meningkatnya jumlah rumah sakit di Indonesia baik yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta menuntut rumah sakit untuk memberikan tingkat kepedulian, profesionalisme dan kompetensi maksimal yang mencerminkan kualitas pelayanan terbaik meningkatkan kepuasan dan menciptakan loyalitas pasien. Pasien akan menilai kualitas layanan mulai dari pertama kali datang, proses pelayanan, biaya yang dikeluarkan, sampai pasien tersebut pulang. Jika layanan yang dirasakan tidak sesuai dengan yang diharapkan, maka pasien tidak puas dan akhirnya tidak akan loyal kepada rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien dengan kepuasan pasien sebagai mediasi pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Dewi Sartika Kendari. Metode penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif yang dianalisa dengan analisis jalur (path analisys). Sampel yang digunakan sebagai responden sebanyak 83 responden diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dapat berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pasien dengan kepuasan pasien sebagai variable intervening.

References

1.Yvonne, S. d. A. The relationship of business process capabilities and internal service quality to healthcare service quality, patient satisfaction, and behavioral intentions, and its relationship to business performance. Disertasi, Nova Southeastern University :Proquest Information and Learning Company (2002).
2 Gregorious, T. d. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Penerbit Andi (2005).
3 Ali, H. d. Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service) (2013).
Suryaningrat, D. Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Dalam Pelayanan Kesehatan (Studi Kasus Di Rumah Sakit Yarsi Pontianak). Jurnal Ilmiah Ibnu Sina, vol. 3(1), hlm. 115–124 (2018). 5.Junaid, N. T. W. d. H. Analisis Unit Cost Pelayanan Rawat Inap Postpartum Di Rumah Sakit Umum Dewi Sartika Dengan Menggunakan Metode Activity Based Costing (ABC) System. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, vol. 2, hlm. 1–12 (2017).
6 Supriyanto. Metodologi Riset Bisnis. Jakarta: PT. Indeks (2009). 7 Janti, S. ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS DENGAN SKALA LIKERT TERHADAP PENGEMBANGAN SI/TI DALAM PENENTUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENERAPAN STRATEGIC PLANNING PADA INDUSTRI GARMEN. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST), hlm. A155–A16 (2014).
8. Razak, Y. d. A. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Terhadap Kepuasan Dan Minat Kembali Untuk Memanfaatkan Pelayanan Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Haji Makassar Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, vol. 11, hlm. 429433 (2017).
9 As’ad, A. S. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit NU Tuban). Jurnal Aplikasi Manajemen, vol. 11, no. 66, hlm. 399–406 (2013).
10 Randa, W. Pengaruh Fasilitas, Lokasi, Tarif Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Mediasi Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Jati Husada Karanganyar. Tesis, Universitas Setia Budi, Surakarta (2014).
Published
2019-02-25
How to Cite
1.
Wulaisfan R, Fauziah Y. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Mediasi Pasien Rawat Inap Di RSU Dewi Sartika Kendari . woh [Internet]. 2019Feb.25 [cited 2024May5];2(2):97-105. Available from: https://jurnal.fkmumi.ac.id/index.php/woh/article/view/577
Section
Articles