Faktor yang berhubungan dengan Kepatuhan Konsumsi Antiretroviral Pengidap HIV/AIDS di Kota Makassar

  • Fatmah Afrianty Gobel Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Ella Andayanie Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Sukmawati Sukmawati Fakultas Farmasi, Universitas Muslim Indonesia
  • Idhar Darlis Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Pejuang Republik Indonesia
Keywords: HIV/AIDS; terapi ARV; kepatuhan; dukungan sosial; pengetahuan

Abstract

Penatalaksanaan HIV/AIDS dengan terapi ARV sangat ditentukan oleh kepatuhan ODHA dalam mengkonsumsi ARV, WHO pada tahun 2021 melaporkan bahwa kematian terkait AIDS telah menurun secara global berkat penggunaan terapi ARV. Pengidap HIV yang tidak patuh dalam mengkonsumsi ARV baik dosis atau bergeser waktu minum obatnya akan menimbulkan resistensi obat, meningkatnya jumlah virus dalam tubuh, meningkatnya resiko penularan, menurunnya kualitas hidup ODHA karena akan menimbulkan berbagai infeksi oportunistik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang berhubungan dengan kepatuhan terapi antiretroviral pengidap HIV/AIDS di Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dan sampel adalah ODHA yang berobat ke RS dan dalam binaan LSM HIV/AIDS, pengambilan sampel dengan cara purposif dengan kriteria tertentu dengan jumlah 80 orang ODHA. Hasil penelitian menunjukkan dukungan sosial berhubungan dengan kepatuhan terapi ARV, sedangkan pengetahuan tidak berhubungan dengan kepatuhan terapi ARV. Disarankan kepada ODHA untuk lebih terbuka mengenai status penyakitnya serta melibatkan LSM HIV untuk mengedukasi keluarga serta orang-orang dilingkungan sekitarnya mengenai HIV untuk mengurangi stigma dan diskriminasi sehingga ODHA dapat leluasa mencari pengobatan dan mendapat dukungan dari lingkungan sosialnya untuk melakukan pengobatan sempurna dan meningkatkan kualitas hidupnya.

References

1. Natalia, Rachmawaty M. Noer S, Mulyasari D. Studi Fenomenologi: Pengalaman Orang dengan HIV/AIDS Mengkonsumsi Obat Antiretroviral di RSUD Muhammad Sani Karimun. 2022;16(4):742–9.
2. WHO. HIV, Key Facts [Internet]. 2022. Available from: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/hiv-aids
3. Ayu Suntara D, Siska D, Rinna Wati Sinaga T. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Pengobatan Antiretroviral (ARV) Pada Penderita HIV dan AIDS (ODHA) Di Klinik VCT RS St. Elisabeth Blok II Lubuk Baja Batam. 2022;2(2):118–28.
4. Haryo Bimo Setiarto, Marni BR Karo TT. Penangana Virus HIV/AIDS [Internet]. 1st ed. Sleman: Penerbit Deepublish; 2021. Available from: https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=Bcs1EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=toleransi+ketidakpatuhan+arv&ots=oYLomG7sC9&sig=2dUuXNFLpqXb8wNJF4l7ZgecXfA&redir_esc=y#v=onepage&q=toleransi ketidakpatuhan arv&f=false
5. Arisudhana GAB, Wulandari NPD, Monica DPC, Risnawati NE. Pengaruh peer leader support terhadap kepatuhan minum obat orang dengan hiv aids. J Ners Indones. 2022;12(2):134–41.
6. Kusyati E. Dukungan Keluarga Yang Diharapkan Penderita Human Immunodeficiency Virus ( HIV ) Di Tempat Singgah Yayasan Foundation ’ s stopover Abstrak. 2016;1426–35.
7. Gobel FA, Idris FP. Related Factors With Barriers To The Disclosure Of Positive HIV Status Of Parents To Their Children. In: Seminar Nasional Sinergitas Multidisiplin Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( SMIPT ), Prosiding Seminar Nasional. 2018. p. 9–10.
8. Jusriana, Gobel FA, Arman. Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Terapi Antiretroviral Pada Orang Dengan HIV Di Yayasan Peduli Kelompok Dukungan Sebaya Kota Makassar. Wind Public Heal J. 2020;1(3):241–9.
9. Fahriati AR, Purnama F, Indah S, Satria BM, Ayu A. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Minum Antiretroviral Pada ODHA ( Orang Dengan HIV/AIDS) Berdasarkan Systematic Literature Review. Pharm Sci J. 2021;1(1):29–46.
10. Rosnaini, Gobel FA, Multazam A. Hubungan Dukungan Sosial Dengan Kualitas Hidup ODHIV di Yayasan Peduli Kelompok Dukungan Sebaya Makassar. Wind Public Heal J. 2021;01(05):454–64.
Published
2023-01-25
How to Cite
1.
Gobel FA, Andayanie E, Sukmawati S, Darlis I. Faktor yang berhubungan dengan Kepatuhan Konsumsi Antiretroviral Pengidap HIV/AIDS di Kota Makassar . woh [Internet]. 2023Jan.25 [cited 2024Apr.26];6(1):1-10. Available from: https://jurnal.fkmumi.ac.id/index.php/woh/article/view/514
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)