Pengaruh Edukasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Mengenai Konsumsi Minuman Ballo’ Di Desa Tokke Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara

  • Fairus Prihatin Idris Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Nirmalasari Kasman Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Asrina Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Ballo, Pengetahuan, Sikap

Abstract

Keberadaan minuman beralkohol tidak lepas dari konteks budaya suatu masyarakat. Berdasarkan hasil observasi yang didapatkan dilapangan di Desa Tokke Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara tanggal 07 April 2021 bahwa ada 27 remaja yang sering meminum ballo dan selama ini tidak ada pemberian edukasi mengenai penggunaan minuman ballo dan belum pernah dilakukan penyuluhan dari tenaga kesehatan maupun oleh pemerintah dari dinas Kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Edukasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Mengenai Konsumsi Minuman Ballo Di Desa Tokke Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara Jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi experiment dengan pendekatan one-group pretest-posttest desaign. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu sebanyak 27 responden. Analisis data menggunakan uji statistic Paired Sample Test dan Independent T-Test dengan tingkatan kemaknaan 95% (a: 0,05). Penelitian diperoleh pada dua kelompok intervensi menggunakan uji Paired Sample Test menunjukkan ada pengaruh pengetahuan dan sikap remaja yang meminum Ballo’ sebelum dan sesudah penggunaan media edukasi media Audio Visual dengan p value masing-masing 0,000 (p value lebih kecil 0,05). Tidak ada perbedaan pengaruh pengetahuan kelompok media edukasi media Audio Visual setelah diberikan uji Independent T-Test (p = 0,987 lebih besar ɑ = 0,05). Ada perbedaan pengaruh sikap kelompok media edukasi media Audio Visual setelah diberikan edukasi (p = 0,018 lebih kecil ɑ = 0,05). Terdapat pengaruh penggunaan media edukasi Audio Visual terhadap pengetahuan dan sikap remaja yang meminum Ballo’. Tidak terdapat perbedaan pengaruh pengetahuan media edukasi Audio Visual setelah diberikan intervensi. Dan ada pengaruh sikap media Audio Visual setelah diberikan intervensi.

References

1. World Health Organization. Health Promotion Action Means Build healthy public policy. Ottawa Chart Heal Promot. 2017;
2. Malaka DR. Hubungan Antara Stratifikasi Sosial Dengan Perilaku Mengkonsumsi Minuman Keras (Tuak) Pada Remaja Usia 11-20 Tahun Di Desa Kawo, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).2017.
3. Sudarman S. Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Konsumsi Minuman Beralkohol (Khamar) Pada Remaja Usia 15-18 Tahun (Doctoral dissertation, Univeritas Islam Negeri Alauddin Makassar).2017.
4. Solina S, Arisdiani T, Widiastuti YP. Hubungan Peran Orang Tua Dengan Perilaku Konsumsi Minuman Alkohol Pada Remaja Laki-Laki. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia. 2019 Jan 17;6(1):36-45.
5. Sulistyowati D. Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Remaja Usia Pertengahan Tentang Bahaya Minuman Keras Dengan Perilaku Minum-Minuman Keras Di Desa Klumprit Sukoharjo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).2012.
6. Asrina A. Perbedaan Pengaruh Media Lembar Balik dan Kartu Kendali Edukasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Menyusui Tentang ASI Ekslusif Di Wilayah Kerja Puskesmas Koppe Kabupaten Bone. Journal of Aafiyah Health Research (JAHR). 2021;2(1):91-102.
7. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta; 2012.
8. Rondonuwu R, Moningka L, Patani R. Hubungan Pengetahuan dengan Tingkat Kecemasan pada Klien Pre Operasi Katarak di Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Manado. Jurnal Ilmiah Perawat Manado (Juiperdo). 2014 Oct 8;3(2):27-30.
9. Hasna H. Konsep diri remaja yang terlibat minuman keras/khamar di Lingkungan Rampusa Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).2020.
10. Permatasari D, Kep IS, Ns M, Kartinah AK. Perbedaan pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan leafleat dengan audiovisual terhadap tingkat pengetahuan remaja tentang bahaya minuman keras di desa wates simo boyolali (Doctoral dissertation, Universitas Muha.
11. Panggabean SM. Analisis Konsumsi Tuak Pada Peminum Tuak di Desa Lumban Siagian Jae Kecamatan Siatas Barita Kabupaten Tapanuli Utara Sumatera Utara Tahun 2015.
Published
2023-01-25
How to Cite
1.
Idris FP, Kasman N, Asrina A. Pengaruh Edukasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Mengenai Konsumsi Minuman Ballo’ Di Desa Tokke Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara. woh [Internet]. 2023Jan.25 [cited 2024Apr.14];6(1):11-9. Available from: https://jurnal.fkmumi.ac.id/index.php/woh/article/view/454
Section
Articles