Hubungan Kualitas Sistem, Informasi, Dan Pelayanan Dengan Kepuasan Pengguna Surveilans Penyakit Tidak Menular Di Kota Palembang

  • Ira Fitria Yuniarti gram Pascasarjana Administrasi Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sriwijaya
  • Novrikasari Novrikasari Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sriwijaya
Keywords: : Sistem informasi; kepuasan pengguna; Surveilans PTM

Abstract

Aplikasi Sistem Surveilans Penyakit Tidak Menular telah diperkenalkan sejak tahun 2014 dan selama lima tahun
aplikasi berupa pelaporan Penyakit Tidak Menular melalui website ini belum berjalan optimal di Kota
Palembang. Untuk menganalisa penyebabnya, peneliti menggunakan teori kesuksesan sistem informasi DeLone
dan Mc Lean. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas sistem, kualitas informasi, dan
kualitas pelayanan dengan kepuasan pengguna pada Penggunaan Aplikasi Sistem Surveilans Penyakit Tidak
Menular di Kota Palembang. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif analitik dengan pendekatan cross
sectional. Penelitian ini melibatkan seluruh pengelola program Penyakit Tidak Menular di 41 puskesmas di Kota
Palembang yang berjumlah 65 orang. Dengan menggunakan kuesioner yang telah ada, data hasil penelitian
diolah dengan uji chi square menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan
antara kualitas sistem dengan kepuasan pengguna (p-value=0,001), adanya hubungan antara kualitas informasi
dan kepuasan pengguna (p-value=0,000), dan adanya hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan
pengguna (p-value=0,000). Penelitian ini membuktikan adanya hubungan kualitas sistem, kualitas informasi, dan
kualitas pelayanan dengan kepuasan pengguna pada Aplikasi sistem Surveilans Penyakit Tidak Menular di Kota
Palembang

References

1. Kementerian Kesehatan. Rencana strategi Kementerian Kesehatan tahun 2015 - 2019. Rencana
Strategis Kementerian Kesehatan Tahun Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun.
2015.
2. Bustan. Pengantar Epidemiologi. Rineka Cipta Jakarta. 2012.
3. Balitbangkes. Riset Kesehatan Dasar 2013. Ris Kesehat Dasar 2013. 2013.
4. Balitbangkes. Laporan Nasional Riskesdas 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan
Kesehatan Riset. 2019.
5. Dinas Kesehatan Prov Sumatera Selatan. Profil Kesehatan Propinsi Sumatera Selatan Tahun
2018. palembang; 2018.
6. Kementerian Kesehatan RI. Petunjuk Teknis Surveilans Penyakit Tidak Menular. Kementeri
Kesehat RI Direktorat Jenderal Pengendali Penyakit dan Penyehatan Lingkung Direktorat
Pengendalianpenyakit Tidak Menular. 2015;
7. Kementerian Kesehatan RI. Keputusan Menteri Kesehatan RI No.46/MENKES/SK/II/2017
tentang Strategi E-Kesehatan Nasional. jakarta; 2017.
8. DeLone WH, McLean ER. The DeLone and McLean model of information systems success: A
ten-year update. In: Journal of Management Information Systems. 2003.
9. Handayani PW, Meigasari DA, Pinem AA, Hidayanto AN, Ayuningtyas D. Critical success
factors for mobile health implementation in Indonesia. Heliyon [Internet]. 2018;4(11):e00981.
Available from: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2018.e00981.
10. Widiastuti R, Haryono BS, Said A. Influence of System Quality, Information Quality, Service
Quality on User Acceptance and Satisfaction and Its Impact on Net Benefits (Study of
Information System Users Lecturer Performance Load (BKD) in Malang State University).
HOLISTICA – J Bus Public Adm. 2019;10(3):111–32.
11. Doll WJ, Torkzadeh G. The measurement of end-user computing satisfaction. MIS Q Manag
Inf Syst. 1988.
12. DeLone WH, McLean ER. Information systems success: The quest for the dependent variable.
Inf Syst Res. 1992;3(1):60–95.
13. Budiyanto. DENGAN PENDEKATAN MODEL DELONE DAN MCLEAN ( Studi Kasus
Implementasi Billing System Di RSUD Kabupaten Sragen ) TESIS Untuk Memenuhi Sebagian
Persyaratan Mencapai Derajat Magister Program Studi Magister Akuntansi Minat Utama :
Akuntansi Sektor Publik. Tesis. 2009;83.
14. Guimaraes T, Staples DS, Mckeen JD. Empirically Testing Some Main User-Related Factors
for Systems Development Quality. Qual Manag J. 2003.
15. Bailey JE, Pearson SW. DEVELOPMENT OF A TOOL FOR MEASURING AND
ANALYZING COMPUTER USER SATISFACTION. Manage Sci. 1983.
16. Al-hashimi MS, Aqleh MM. Measuring the Success of Hospital Information System across
Multispecialty Hospitals in Bahrain. 2018;6:132–8.
17. Angelina RJ, Hermawan A, Suroso AI. Analyzing E-Commerce Success using DeLone and
McLean Model. J Inf Syst Eng Bus Intell. 2019;5(2):156.
18. Brown I, Jayakody R. B2C e-commerce success: A test and validation of a revised conceptual
model. Electron J Inf Syst Eval. 2008;11(3):167–84.
19. Ho KF, Ho CH, Chung MH. Theoretical integration of user satisfaction and technology
acceptance of the nursing process information system. PLoS One. 2019;14(6):1–14.
20. Floropoulos J, Spathis C, Halvatzis D, Tsipouridou M. Measuring the success of the Greek
Taxation Information System. Int J Inf Manage. 2010.
21. Jumardi R, Nugroho E, Hidayah I. Analisis Kesuksesan Implementasi Sistem Informasi Skripsi
pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Pembangunan Nasional “ Veteran ”
Yogyakarta. 2015;7–13.
22. Ojo AI. Validation of the delone and mclean information systems success model. Healthc
Inform Res. 2017;23(1):60–6.
23. Tilahun B, Fritz F. Modeling antecedents of electronic medical record system implementation
success in low-resource setting hospitals Healthcare Information Systems. BMC Med Inform
Decis Mak. 2015.
24. Iivari J. An Empirical Test of the DeLone-McLean Model of Information System Success.
Data Base Adv Inf Syst. 2005.
25. Seddon PB, Kiew M-Y, Patry M. A Partial Test and Development of the DeLone and McLean
Model of IS Success. ICIS 1994 Proc. 1994.
26. Jaafreh AB. Evaluation Information System Success: Applied DeLone and McLean
Information System Success Model in Context Banking System in KSA. Int Rev Manag Bus
Res. 2017.
27. Nugroho Y, Prasetyo A. Assessing information systems success: A respecification of the
DeLone and McLean model to integrating the perceived quality. Probl Perspect Manag. 2018.
28. Chen CWD, Cheng CYJ. Understanding consumer intention in online shopping: A
respecification and validation of the DeLone and McLean model. Behav Inf Technol. 2009.
29. Cho KW, Bae SK, Ryu JH, Kim KN, An CH, Chae YM. Performance evaluation of public
hospital information systems by the information system success model. Healthc Inform Res.
2015;21(1):43–8.
Published
2021-01-25
How to Cite
1.
Yuniarti IF, Novrikasari N. Hubungan Kualitas Sistem, Informasi, Dan Pelayanan Dengan Kepuasan Pengguna Surveilans Penyakit Tidak Menular Di Kota Palembang. woh [Internet]. 2021Jan.25 [cited 2024Nov.5];4(1):23-6. Available from: https://jurnal.fkmumi.ac.id/index.php/woh/article/view/260
Section
Articles