Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan dan Minat Kembali di RSUD Haji Makassar

  • Haeruddin Haeruddin Program Studi Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Muslim Indonesia, Indonesia
  • Muhammad Khidri Alwi Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Umriani Syamsuddin rogram Studi Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Muslim Indonesia, Indonesia
Keywords: Tangible; reliability; responsiveness; assurance; empathy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh tangible, reliability responsiveness, assurance dan empathy terhadap minat kembali, untuk mengetahui pengaruh Tangible Reliability Responsiveness Assurance
dan Empathy terhadap minat kembali setelah dipengaruhi kepuasan, untuk mengetahui variabel yang paling berpengaruh terhadap minat kembali dan untuk mengetahui variabel yang paling berpengaruh terhadap minat
kembali setelah dipengaruhi oleh kepuasan pasien peserta BPJS di ruang rawat inap RSUD Haji Makassar.Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 82
responden dengan jumlah populasi sebanyak 573 pasien. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang paling berpengaruh terhadap minat
kembali pasien rawat inap adalah assurance. Faktor yang paling berpengaruh terhadap minat kembali pasien rawat inap setelah dipengaruhi kepuasan adalah empathy. Dari hasil analisis didapatkan kesimpulan bahwa ada pengaruh
positif dan signifikan tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy terhadap minat kembali pasien, ada pengaruh positif dan signifikan tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy melalui kepuasan
terhadap minat kembali pasien. Adapun faktor yang paling berpengaruh terhadap minat kembali pasien adalah assurance. Dan faktor yang paling berpengaruh terhadap minat kembali setelah dipengaruhi oleh kepuasan adalah
empathy. Disarankan bagi pihak RSUD Haji Makassar, hendaknya senantiasa meningkatkan kualitas pelayanannya sehingga dengan kualitas pelayanan yang lebih baik maka pasien di rumah sakit akan selalu setia
dalam menggunakan jasa rumah sakit tersebut.

Published
2021-10-25
How to Cite
1.
Haeruddin H, Alwi MK, Syamsuddin U. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan dan Minat Kembali di RSUD Haji Makassar. woh [Internet]. 2021Oct.25 [cited 2024Apr.26];4(3):282-8. Available from: https://jurnal.fkmumi.ac.id/index.php/woh/article/view/241
Section
Articles