Efektifitas Penerapan Flipped Learning Model Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Laboratory Skills pada Mahasiswa Keperawatan di Kota Jambi

  • Basok Buhari 2Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Rian Maylina Sari Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
Keywords: Flipped learning, laboratory skill, keperawatan

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mengubah gaya belajar-mengajar dari pembelajaran yang cenderung
pasif menjadi pembelajaran aktif dan dari model kelas tradisional ke model kelas inovatif berbasis digital. Salah
satu model belajar terbaru berbasis digital saat ini yang menggunakan video pembelajaran sebagai media belajar di luar kelas adalah flipped learning models. Flipped Learning ini mampu meningkatkan motivasi belajar hingga 66,6%. Motivasi belajar ini mampu meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik sebesar 46,7%. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan hasil belajar laboratory skills pada kelompok intervensi dan kontrol sesudah dilakukan penerapan flipped learning model berbasis aplikasi android pada mahasiswa/i keperawatan di Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yakni Quasy Experimen dengan rancangan Post-test Only Non-Equivalent Control Group Design. sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa program studi ilmu keperawatan semester II tahun akademik 2020/2021 berjumlah 40 mahasiswa. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi berjumlah 20 mahasiswa sebagai kelompok eksperimen dan Universitas Jambi sebagai kelompok kontrol berjumlah 40 mahasiswa. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling. Hasil rata-rata nilai laboratory skills pada kelompok ekperimen adalah 83,55±SD.2.212. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) 0,001 lebih kecil 0,05 yang artinya terdapat pengaruh penerapan flipped learning models berbasis aplikasi andorid terhadap hasil belajar laboratory skills pada mahasiswa keperawatan. Kesimpulan dalam penelitian adalah flipped learning models berbasis android terbukti meningkatkan hasil belajar mahasiswa keperawatan.

References

1. Du, X., Zhang, M., Shelton, B. E., & Hung JL. Learning anytime, anywhere: a spatio-temporal
analysis for online learning. Interact Learn Environ. 2019;1(15).
2. Collins, A., & Halverson R. Rethinking education in the age of technology: The digital revolution
and schooling in America. Teachers College Press; 2018.
3. Tohari, H., & Bachri BS. Pengaruh Penggunaan Youtube Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil
Belajar Mahasiswa. Kwangsan. J Teknol Pendidik. 2019;7(1–13).
4. Asfar, N., & Zainuddin Z. Secondary students’ perceptions of information, communication and
technology (ICT) use in promoting self directed learning in Malaysia. Online J Distance Educ ELearning. 2015;3(4):67–82.
5. Sutriyawan, A., & Sari, I. Perbedaan Focus Group Discussion Dan Brainstorming Terhadap
Pencegahan Bullying Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Karangtengah. Window of Health
: Jurnal Kesehatan, (2020) 38-48. https://doi.org/https://doi.org/10.33368/woh.v0i0.245
6. Zainuddin, Z., Habiburrahim, H., Muluk, S., & Keumala CM. How do students become.
K-JTP. 2019;07(02):104 – 122.
7. Alamri MM. Students’ academic achievement performance and satisfaction in a flipped
classroom in Saudi Arabia. Int J Technol Enhanc Learn. 2019;11(01):103–19.
8. Awidi, I. T., & Paynter M. The impact of a flipped classroom approach on student learning
experience. Comput Educ. 2019;128:269–83.
9. Shyr, W. J., & Chen CH. Designing a technology‐ enhanced flipped learning system to
facilitate students’ self‐ regulation and performance. J Comput Assist Learn. 2018;34(01):53–
62.
10. Zainuddin, Z., & Perera CJ. Supporting students’ self-directed learning in the flipped classroom
through the LMS TES BlendSpace. Horiz. 2018;26(04):281–90.
11. Reidsema, C., Kavanagh, L., Hadgraft, R., & Smith N. The flipped classroom practice and
practices in higher education. Singapore: Springer; 2017.
12. Smallhorn M. The flipped classroom: A learning model to increase student engagement not
academic achievement. Student Success. 8(2):43–53.
13. Kusmaryani WBM and PP. The influence of mobile applications on students’ speaking skill and
critical thinking in English language learning. Journal of Physics. In: IOP Conf Series:Journal of
Physics: Conf Series 1193. IOP Publishing; 2019. p. 1–7.
14. Musahrain. Pengaplikasian Mobile Learning Sebagai Media dalam Pembelajaran. 2017.
15. Edi Syahputra. Snowball Throwing Tingkatkan Minat Dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura
Publishing; 2018.
16. Zulkifli Matondang et al. Evaluasi Hasil Belajar.Cetakan1. Jakarta:YayasanKita Menulis; 2019.
17. Sinar. Metode Active Learning-Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. 1st ed.
Yogyakarta: Depublish; 2018.
18. Lilis Suryani. Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Penilaian Pembelajaran Sesuai Kurikulum
2013 Bagi Guru di SD Negeri Gayam 01 Sukoharjo Semester II Tahun 2018/2019 Melalui
Inhouse Training (IHT) Model Subject Matter Analysis (SMA). In: Proceding: Konvergensi.
2019
19. Ummu Muntamah. Analisis Pengaruh Metode Pembelajaran Praktik Laboratorium Berdasarkan
TargetKompetensiTerhadapPeningkatan Skill Pada Mata AjarKeperawatanGawatDaruratDan
Manajemen Bencana. In: Proceedings Education And Language International Conference. 2019.
p. 1 (1).
20. De Araujo, Z., Otten, S., & Birisci S. Teacher-created videos in a flipped mathematics class:
digital curriculum materials or lesson enactments? ZDM. Math Educ. 2017;49(5):687–699.
21. Ida Rindaningsih. Efektifitas Model Flipped Classroom dalam Mata Kuliah Perencanaan
Pembelajaran Prodi S1 PGMI UMSIDA. In: Seminar Nasional FKIP UMSIDA. 2018. p. 2.
22. Lage, M. J., Platt, G. J., & Treglia M. Inverting the classroom:A gateway to creating an inclusive
learning environment. J Econ Educ. 2015;31(1):30–43.
23. Irnawati, I., Suriah, S., & Yusriani, Y. Pengaruh Edukasi Melalui Media Whats App dan Leaflet
Terhadap Perubahan Perilaku Berisiko Pada Siswa. Window of Health : Jurnal Kesehatan,
(2019) 297-306. https://doi.org/https://doi.org/10.33368/woh.v0i0.167
Published
2022-01-25
How to Cite
1.
Buhari B, Sari RM. Efektifitas Penerapan Flipped Learning Model Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Laboratory Skills pada Mahasiswa Keperawatan di Kota Jambi. woh [Internet]. 2022Jan.25 [cited 2024Apr.16];5(1):433 -440. Available from: https://jurnal.fkmumi.ac.id/index.php/woh/article/view/134
Section
Articles