Pengaruh Pendekatan Denver Development Screening Test dalam Pendidikan Stimulasi Perkembangan Baduta

  • Andi Alim Universitas Pejuang Republik Indonesia
  • Andi Muhammad Multazam Universitas Muslim Indonesia
  • Arlin Adam Universitas Pejuang Republik Indonesia
Keywords: Pendidikan, Denver development screening test, Keterampilan ibu, Perkembangan anak, Stimulasi

Abstract

Masyarakat buruh bangunan di Kelurahan Paccerakkang memiliki populasi baduta sangat tinggi, namun tumbuh kembang anak berjalan secara alami tanpa pemberian stimulasi yang dapat mendukung capaian pertumbuhan anak secara maksimal. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh pendidikan dengan pendekatan Denver Development Screening Test (DDST) terhadap keterampilan ibu dalam stimulasi perkembangan baduta pada masyarakat buruh bangunan Kelurahan Pacerakkang Kota Makassar. Metode penelitian menggunakan rancangan penelitian eskperimen yang bersifat kuantitatif dengan jenis Quasy Eksperimental dengan pendekatan “Non-Equivalent Control Group Design”. Hasil penelitian menemukan perbedaan keterampilan ibu pada kelompok intervensi, sebelum pemberian pendidikan dengan pendekatan DDST melalui metode ceramah, pemutaran video, role play dengan nilai mean 13,06 dan sebelum intervensi 27,59. Sedangkan, hasil uji berpasangan didapatkan nilai p=0,000. Terdapat perbedaan keterampilan ibu pada kelompok kontrol sebelum dan sebelum pemberian pendidikan dengan pendekatan DDST dengan nilai mean sebelum intervensi 11,41, sebelum intervensi 16,06, dengan menggunakan uji berpasangan didapatkan nilai p=0,010. Pemberian pendidikan dengan pendekatan DDST pada kelompok intervensi melalui ceramah, pemutaran video dan role play lebih efektif dibandingkan kelompok kontrol yang hanya diberikan pendidikan dengan pendekatan DDST melalui ceramah dengan nilai = 0,000. Penelitian ini ditujukan kepada petugas kesehatan untuk melibatkan orang tua khususnya ibu yang memiliki baduta dalam meningkatkan keterampilan dalam merangsang perkembangan anak,

Author Biographies

Andi Alim, Universitas Pejuang Republik Indonesia

Fakultas Kesehatan Masyarakat

Andi Muhammad Multazam, Universitas Muslim Indonesia

Ilmu Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana,

Arlin Adam, Universitas Pejuang Republik Indonesia

Fakultas Kesehatan Masyarakat

References

1. Supartini Y. Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: EGC; 2019.
2. Hidayat AAA. Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. Jakarta: Salemba Medika; 2005.
3. Ambarwati FR, Nasution N. Buku Pintar Asuhan Keperawatan Bayi & Balita. Yogyakarta: Cakrawala Ilmu; 2012.
4. Syaiful Y, Rahmawati DW. Terapi Bermain: Origami Terhadap Perkembangan Motorik Halus dan Kognitif Anak Prasekolah. Journals Ners Community. 2014;5(2):196–203.
5. Rizki M, Budi IS, Destriatania S. Analisis Kinerja Petugas Pelaksana Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) Balita dan Anak Prasekolah di Wilayah Kerja Puskesmas Keramasan. J Ilmu Kesehat Masy. 2016;7(3):182–90.
6. Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2014 Tentang Pemantauan Pertumbuhan, Perkembangan, dan Gangguan Tumbuh Kembang Anak. 66 Tahun 2014 Indonesia; 2014.
7. Yusuf Y, Rompas S, Babakal A. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Pendekatan Modelling Terhadap Pengetahuan Ibu dalam Menstimulasi Tumbuh Kembang Bayi 0-6 Bulan Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Tomalou Kota Tidore Kepulauan. J Keperawatan. 2016;4(1):1–8.
8. Yunalia EM. Pengaruh Terapi Kelompok Terapeutik Terhadap Kemampuan Orang Tua Tunggal Dalam Memberikan Stimulasi Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah. Care J Ilm Ilmu Kesehat. 2017;4(1):19–33.
9. Dinas Kesehatan Kota Makassar. Profil Kesehatan Kota Makassar. In Makassar: Dinas Kesehatan Kota Makassar; 2019.
10. Puskesmas Pacerakkang. Profil Puskesmas Pacerakkang 2018. In Pacerakkang: Puskesmas Pacerakkang; 2018.
11. Notoatmodjo S. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2003.
12. Widiani E, Ahsan A, Supriati L. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan terhadap Kemampuan Ibu dalam Menstimulasi Perkembangan Psikososial Otonomi Toddler. Care J Ilm Ilmu Kesehat. 2017;4(1):8–18.
13. Wijayanti R, Purwandari H. Dampak Penggunaan Modul terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan Keluarga dalam Mestimulasi Tumbuh Kembang Bayi. J Keperawatan Soedirman. 2006;1(2):83–90.
14. Notoatmodjo S. Pengantar Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku Kesehatan. Yogyakarta: Andi Offset; 1993.
Published
2022-08-02
Section
Articles