Persepsi Aktivitas Seksualitas Pada Masa Kehamilan Bagi Primipara Di Wilayah Kerja Puskesmas Wundulako Kabupaten Kolaka

  • Nurmitasari Nurmitasari Akademi Kebidanan Menara Bunda Kolaka
  • Een Kurnaesih Program Studi Ilmu Kebidanan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Arman Arman Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Persepsi; aktivitas seksual; kehamilan primipara

Abstract

Penurunan seksualitas bisa menjadi masalah dan dapat menjadi kontribusi terjadinya kecemasan dan stres, yang bisa mengganggu status kesehatan ibu dan janin. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan menganalisis informan secara mendalam mengenai persepsi aktivitas seksual pada kehamilan bagi kehamilan primipara berdasarkan kondisi fisik dan kondisi psikologis. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan analisis deskriptif dengan teknik pengumpulan data primer melalui indepth interview sebanyak 10 informan pada ibu hamil primipara mengenai persepsi aktivitas seksual mereka selama masa kehamilan. Hasil penelitian menunjukkan pada wanita hamil merasakan nyeri pada bagian intim dan pembengkakan payudara, mulut terasa pahit dan perut yang semakin membuncit, merasa takut dan cemas untuk melakukan hubungan seksual dan merasa cemas akan keadaan janin yang sedang dikandungnya sehingga menyebabkan ibu hamil enggan melakukan hubungan seksual, sehingga dapat disimpulkan bahwa ibu hamil primipara mengalami penurunan hasrat seksual yang disebebkan oleh perubahan fisik dan psikologis selama masa kehamilan.

References

1. Pangkahila W. Seks yang Membahagiakan. Jakarta: Graha Ilmu; 2011.
2. Griffin. Keperawatan Maternitas. Jakarta: EGC; 2014.
3. J iHWPZ. Human Sexuality During Pregnancy and The Postpartum Period. Bratist Med J.2009;07:427-31.
4. Nurul Laily Ramadani SS. Perbedaan Tingkat Seksual Pada Pasangan Suami Isteri di Masa Kehamilan. Jurnal Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. 2014.
5. Lucas ETBVA. Women’s Health Nursing Towards Evidence Based Practice. Missouri: Elsevier Science; 2003.
6. Asrida B. Pengalaman Perempuan Selama Masa Kehamilan. Depok. Jurnal Program Studi Magister Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. 2012. 7. Eisenberg A. Kehamilan Apa yang Anda Hadapi Bulan Per Bulan. Jakarta 2006.
8. Sprecher JHHAWS. The Handbook of Sexuality in Closerelations. New Jersey: Lawrence Erlbraum Associates; 2004.
9. Sari UFSTP. Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil Trisemester III Tentang Hubungan Seksual Selama Kehamilan. Jurnal Kebidanan Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2012.
10. Pleuta. Sexuality During Pregnancy. Journal Of Sex Educaton And Therapy. 2010;25.
11. Pankitawati dS. Asuhan Kebidanan I (Kehamilan). Yogyakarta: Nuha Medika.; 2010.
12. Tutiany SMS. Buku Ajar Maternitas Asuhan Keperawatan Antenatal. Jakarta Trans Info Media; 2011.
13. Liliam Renata Silveira Santiago LAdSL, Adriana Peterson Mariano Salata Romao, Maria Fernanda Barbirato da Mata Tiezzi, Ana Caloria Japur de Sa Rosa e Silva. Impact Of Pregnancy On The Sex Life Of Women. State Of The Art International Journal Of Clinical Medicine. 2013;Vol 4. No.5
14. Dewi. Kesehatan Reproduksi. Jakarta JEN Abdullah; 2012.
15. Khasanah TSR. Kecemasan Ibu dalam Melakukan Seksual Pada Masa Kehamilan di RSUD dr. Wahidin Sudirohusodo Mojokerto, Surabaya. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2015.
16. Nelcy Y, Vitayani S, Abbas H. Analysis Factors Affecting Anxiety In Pregnant Women On Sexual Relations at RSIA Siti Khadijah I Makassar. Window of Health : Jurnal Kesehatan. 24 April 2019;128-136.
Published
2019-07-25
How to Cite
1.
Nurmitasari N, Kurnaesih E, Arman A. Persepsi Aktivitas Seksualitas Pada Masa Kehamilan Bagi Primipara Di Wilayah Kerja Puskesmas Wundulako Kabupaten Kolaka. woh [Internet]. 2019Jul.25 [cited 2024Apr.29];2(3):243-55. Available from: https://jurnal.fkmumi.ac.id/index.php/woh/article/view/591
Section
Articles