Perbedaan Pemberian Madu Alami dan Madu Olahan Dicampur dengan Jintan Hitam (Habbatussauda) terhadap Kelancaran Produksi ASI

  • Magdalena M. Tompunuh Poltekkes Kemenkes Gorontalo
  • Rabia Zakaria Poltekkes Kemenkes Gorontalo
Keywords: ASI, Madu, Jintan hitam

Abstract

ASI merupakan zat gizi yang paling sesuai dengan kebutuhan bayi. Seorang ibu sering mengalami masalah dalam pemberian ASI karena kurangnya pengetahuan dan upaya untuk melancarkan produksi ASI, data pada lokasi penelitian menunjukkan yang mendapat ASI eksklusif hanya 38.2% dari target 80%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pemberian madu alami dengan madu olahan dicampur dengan jintan hitam (Habbatussauda) terhadap kelancaran produksi ASI di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain post test only control group design. Variabel bebas yaitu madu alami dicampur rebusan jintan hitam dan madu olahan dicampur rebusan jintan hitam, variabel terikat yaitu kelancaran produksi ASI. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu nifas hari ketiga di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango dan sampelsebanyak 30 orang, dibagi dua kelompok. Kelompok intervensi 15 orang diberikan madu alami campur jintan hitam, dan kelompok kontrol 15 orang madu olahan campur jintan hitam. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Penelitian ini mengunakan lembar ceklist dan lembar observasi, serta alat penelitan yang digunakan adalahkompor, panci, timbangan digital, gelas ukur 1000 ml, termometer air, penyaring, pompa ASI dan kantung ASI. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi (p-value) yaitu 0.025 (lebih kecil 0.05) terdapat perbedaan volume ASI pada ibu menyusui yang mendapatkan madu asli dan madu olahan yang dicampur dengan jintan hitam (Habbatusauda). Dimana nilai rata-rata volume ASI yang diberi madu asli lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang diberi madu olahan. Bagi ibu menyusui lebih baik menggunakan madu asli daripada madu olahan untuk meningkatkan dan memperlancar produksi ASI.

References

​Isnaini OP. Hubungan Dukungan Sosial dan Tingkat Stres dengan Keberlangsungan Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Published online 2017.

​KementerianKesehatan. Situasi Dan Analisis ASI Eksklusif.; 2014.

​Dewi ADC. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kelancaran Produksi ASI. J ’Aisyiyah Med. 2019;4(1):22-34.

​WHO. Infant and Young Child Feeding. World Health Organization.

​Dewi VNL, Sunarsih T. Asuhan Kebidanan Pada Ibu Nifas. Salemba; 2019.

​Maftuchah, Febriyanti SNU, Rahardian FRN. Cara Alamiah Meningkatkan Produksi ASI pada Ibu Nifas Menggunakan Madu. J SMART Kebidanan STIKes Karya Husada Semarang. 2018;5(1):56-65.

​Gulbetekin E, Tufekci FG. Milk with Honey Heals after Tonsillectomy; Bleeding , Pain and Wound Healing are in a Better Condition: An Experimental Study with Control Group. Int J Caring Sci. 2017;10(1):433-446.

​DinkesProvGorontalo. Laporan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.; 2019.

​DinkesBoneBolango. Laporan Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango.; 2018.

​PuskesmasBulangoTimur. Laporan Puskesmas Bulango Timur.; 2019.

​PuskesmasTapa. Laporan Puskesmas Tapa.; 2019.

​Hidayati N. Pengaruh Ekstrak Nigella Sativa Terhadap Kelancaran Produksi Asi Pada Ibu Menyusui Di PMB Afah Fahmi Amd ., Keb Surabaya The Influence Of Nigella Sativa Extract To Assurance On Breast Feeding Mother ’ s In P MB Afah Fahmi Amd ., Keb Surabaya. J Ilm J-HESTECH. 2019;2(2):109-118.

​Saraung mitrami widiastuti, Rompas S, Bataha yolanda b. Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Universitas Indonesia Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan. J Keperawatan. 2017;5(2):1-8.

​Khoiriah A& L. Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Pemberian ASI Eksklusif pada Bayi Berumur di Bawah 6 Bulan di BPM Rusmiati Okta Palembang. J `Aisyiyah Med. 2018;2:69-87.

​Aditama VS, Poernomo DISH. Tiga Faktor Utama yang Mempengaruhi Produksi ASI pada Ibu Menyusui. J STIKES. 2014;7(2):103-112.

​Hosseinzadeh H, Tafaghodi M, Mosavi MJ, Taghiabadi E. Effect of Aqueous and Ethanolic Extracts of Nigella sativa Seeds on Milk Production in Rats. J Acupunct Meridian Stud. 2013;6(1):18-23. doi:10.1016/j.jams.2012.07.019

​Fitriani YD, et al. Combination Oxytocin Massage and Black Cumin Capsules to Increase The Prolactin Hormone Levels in Postpartum with Sectio Caesarean. LINK J. 2015;11(3):1067-1073.

​Amelina I. Pengaruh Pemberian Jintan Hitam (Nigella sativa L.) terhadap Produksi ASI pada Ibu Nifas Primipara Hari ke 205 di PMB Agnes Ernawati S.Tr Keb, Ketawang Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. Published online 2019.

​Ritonga I, Mulianda RT, Indrayan M. Pengaruh jintan hitam terhadap kelancaran produksi asi pada ibu menyusui di kelurahan indra kasih kecamatan medan tembung tahun 2017. J Ilm Kebidanan. 2017;3(2):279-283.

​Susilani AT, Kurniawan H. Pemberian Jintan Hitam (Nigella sativa) dalam Peningkatan Kadar Hormon Produksi ASI (Prolaktin dan Oksitosin) serta Jumlah Neutrofil Neonatus Dari Ibu Post Seksio Sesaria di Yogyakarta. J Permata Indones. 2016;7(2):1-14.

​Siregar G, Yanti MD. Pengaruh Rebusan Jintan Hitam dengan Madu terhadap Peningkatan Produksi ASI pada Ibu Menyusui di Desa Sidomulyo Kabupaten Deli Serdang. J Doppler. 2021;5(2).

​Baroroh I, Maslikhah. Efektivitas Konsumsi Sule Honey Terhadap Peningkatan Produksi Asi Bagi Ibu Pekerja Yang Menggunakan Metode Pompa ASI ( MPA ) The Effectiveness of Sule Honey Consumption in Increasing Milk Production for Working Mothers Using Breastfeeding Pump Methods. Midwiferia J Kebidanan. 2021;7(1). doi:10.21070/midwiferia.

Published
2022-05-22
How to Cite
1.
Tompunuh MM, Zakaria R. Perbedaan Pemberian Madu Alami dan Madu Olahan Dicampur dengan Jintan Hitam (Habbatussauda) terhadap Kelancaran Produksi ASI. woh [Internet]. 2022May22 [cited 2024Apr.24];5(2):545-5. Available from: https://jurnal.fkmumi.ac.id/index.php/woh/article/view/25
Section
Articles